sebarinfokita@blogspot.com - Friday, September 25, 2015

Kejadian terinjak-injak dan juga berdesak-desakkan para jemaah haji di Mina, Arab Saudi bukan kali ini saja, dunia seakan diselimuti duka yang mendalam dari tragedi di Mina yang mengakibatkan banyak korban meninggal maupun luka-luka .


Jutaan orang di berbagai penjuru dunia yang datang untuk menunaikan rukun islam kelima di negeri tersebut, namun kejadian yang dikhawatirkan bagi para jemaah tersebut terulang kembali pada saat menunaikan pelaksanaan haji , yang bahkan tragedi tersebut sudah terjadi sejak tahun 1990an yang akhirnya para jemaah mengalami terinjak-injak, berdesak-desakkan dan terjatuh saat  melakukan ibadah haji  maupun saat ingin melakukan lempar jumrah di Mina.

Tragedi Mina (c) alriyadh.com

Berikut ini 8 tragedi paling fatal yang terjadi di Mina :

Pada tahun 2015, tercatat saat ini korban meninggal dunia sebanyak 717 orang, dan 805 orang yang luka-luka karena terinjak-injak serta berdesak-desakkan saat melempar jumrah.

Pada tahun 2006, tercatat 360 calon haji meninggal akibat terinjak-injak massa dalam menjalankan ritual lempar jumrah di Mina.

Pada tahun 2004, Para jamaah berdesak-desakkan di Mina yang akibatnya banyak orang yang terinjak-injak dan 244 orang meninggal dunia pada hari terakhir ibadah haji.

Pada tahun 2003, tercatat 14 orang meninggal karena terinjak-injak ketika 2 rombongan yang selesai melempar jumrah bertemu dengan rombongan lain yang datang.

Pada tahun 2001, tercatat 35 calon haji meninggal akibat terinjak-injak massa di Mina yang dimana hari terakhir pelaksanaan ibadah haji.

Pada tahun 1998, 180 calon jamaah haji terinjak-injak massa dan mengalami kepanikan akibatnya beberapa dari mereka terjatuh dari jembatan layang saat ritual jumrah di Mina.

Pada tahun 1994, sekitar 270 calon haji meninggal lantaran terinjak-injak massa dalam ritual jumrah di Mina.

Pada tahun 1990, Kejadian paling fatal terjadi di terowongan menuju Mekkah yakni sebanyak 1.426 meninggal dunia akibat berdesak-desakkan.


Tragedi yang fatal tersebut seakan terulang kembali ketika para jemaah ingin melempar jumrah di Mina karena banyaknya jemaah yang ingin melempar jumrah akhirnya banyak pula yang berdesak-desakkan, terinjak-injak bahkan beberapa jemaah lain terjatuh yang sangat disayangkan menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka meskipun pemerintah Arab Saudi tidak putusnya melakukan perbaikan sarana maupun prasana demi kelancaran ibadah haji tetapi banyaknya jemaah seakan tidak bisa terbendung lagi dengan  keinginan mereka dalam beribadah.
-cctvnews

«
Next
Newer Post
»
Prev
Older Post
Komentar (0)
Komentar

No comments:

Don't Miss

Jangan Lewatkan