sebarinfokita@blogspot.com - Friday, July 24, 2015

Seringkali muncul rasa menjengkelkan dengan ulah si tikus yang suka makan sabun mandi, seperti kita kembali pada tahun 90an dengan sebuah lagu anak-anak yang sempat terkenal dengan judul "Tikus Makan Sabun". Judul lagu yang membuat penasaran dengan kesukaan tikus yang makan sabun.

Memang tikus bisa memakan apapun termasuk sabun mandi, Mengapa tikus harus makan sabun ? dan bagaimana bisa seekor tikus memakan sabun tanpa mengalami keracunan ? hal tersebut menjadi penasaran banyak orang dengan kesukaan si tikus namun berikut inilah penjelasannya.


tikus makan sabun (c) iyaora.blogspot.com

Ternyata tikus tidak suka dengan semua jenis sabun dan yang tikus sukai hanya sabun mandi batangan saja sedangkan dengan sabun deterjen atau sabun cair lainnya tidak menjadi incaran tikus-tikus. Hal ini karena bahan dasar sabun batangan yaitu lemak, garam basa dan air yang kemudian ditambahkan dengan zat-zat lainnya seperti pewarna, pewangi. Lemak yang diperlukan dalam pembuatan sabun tersebut berasal dari tumbuhan atau lemak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dari hewan atau minyak hewan seperti tallow, grease. Tallow adalah lemak yang didapatkan dari dalam industri pengolahan daging yang diambil dari lemak sapi ataupun domba sedangkan grease adalah lemak hewani dengan kualitas yang rendah dari tallow.

lemak tersebutlah yang sebenarnya disukai oleh tikus sehingga jika tikus tidak berhasil menemukan makanan yang berada dirumah kita maka yang menjadi incarannya adalah sabun mandi batangan. Dan perlu diketahui juga bahwa tikus membutuhkan sesuatu yang bisa dikerat yakni untuk menghambat pertumbuhan giginya karena jika tikus tidak mengerat maka giginya bisa terus tumbuh dan ini akan membahayakan tikus itu sendiri sedangkan sabun batangan menjadi pilihan tikus yang juga bisa mereka kerat.

Sabun cair maupun bubuk tidak dipilih tikus karena tidak bisa dikerat tikus. sabun deterjen juga tidak menjadi pilihannya karena mempunyai konsentrasi antibakteri yang cukup tinggi sehingga bisa memicu keracunan pada tikus. selain itu juga sabun deterjen merupakan sabun sintetis yaitu bukan sabun yang terbuat dari lemak nabati ataupun hewani seperti sabun batangan.

Ternyata tikus ini cukup pintar membedakan sabun yang berbahaya dan tidak bagi mereka. Namun solusi bagi kita cukup menempatkan sabun batangan ditempat khusus sabun yang tertutup agar tikus tidak bisa membuka apalagi jika kondisi celah kamar mandi yang terbuka sehingga memudahkan untuk jalan tikus mengincar sabun mandi anda.
(sains.me)

«
Next
Newer Post
»
Prev
Older Post
Komentar (0)
Komentar

No comments:

Don't Miss

Jangan Lewatkan