sebarinfokita@blogspot.com - Monday, July 6, 2015

Bagi ibu-ibu yang menyukai berada didapur dengan berbagai macam yang dilakukan seperti memasak, membuat kue, dan lain-lain, namun tidak heran jika ibu-ibu juga merasa kesal jika berhubungan dengan sayuran atau bahan lainnya yang mudah busuk  bahkan peralatan masak yang mudah kotor membuat ibu-ibu kehilangan tips mengatasinya. 

Namun tidak berati ibu-ibu kehilangan kecintaannya untuk berada didapur seperti memasak dll,  Untuk itu ada beberapa tips terhebat didapur bagi ibu-ibu agar menambah kecintaannya berada didapur, dan yang pastinya memasak serta melakukan sesuatunya didapurpun menjadi menyenangkan dan terhindar dari hal-hal yang menjengkelkan.


Didapur(c) kuliner.cahiya.com

Berikut tips hebat buat ibu-ibu didapur :

1.  Agar telur gampang dikupas, cukup dicelupkan kedalam air es saat telur baru matang atau masih panas.
2. Agar cabe yang digoreng tidak meletup-meletup, jangan lupa untuk menusuk atau melukai cabe tersebut sedikit dengan pisau.
3. Jika mencuci kangkung, arnong atau selada air, sayuran genjer ataupun sayuran air lainnya, hal yang harus diingat jangan lupa untuk dibilasan pertama taburkan sesendok garam kemudian diamkan sejenak agar binatang-binatang kecil yang bisa berada dibatang dan daun akan mati, dan biasanya binatang-binatang kecil seperti lintah, keong, ulat, cacing air, terutama sayuran brokoli dan kembang kol bisa ada ulatnya jadi bisa menggunakan cara ini.
4. Agar tahu tahan lama jika disimpan, cukup cuci bersih lalu siram dengan air panas setelah itu lap dengan tisu dapur lalu simpan di dalam tempat tertutup rapat dan setelah itu bisa disimpan di dalam kulkas, bisa tahan dalam 1 minggu.
5. Ketika anda ingin mengetahui telur busuk atau tidak cukup mengapungkan ke dalam air, jika mengapung keatas air tandanya telur tersebut busuk.
6. Ketika anda ingin mengocok telur untuk berbagai jenis kue, pastikan terlebih dahulu telur dalam keadaan suhu ruang (bukan suhu dingin atau baru keluar dari kulkas karena bisa membuat adonan akan menjadi tidak mengembang).
7. Sayuran mudah sekali mengembun jika disimpan didalam kulkas dengan menggunakan plastik, tetapi bisa menggunakan kertas yang bersih(tanpa coretan tinta), karena jika menggunakan plastik bisa mengakibatkan sayuran cepat busuk.
8. Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam kulkas bisa menggunakan kentang yang dibelah lalu letakkan didalam rak kulkas, kentang bisa menetralisir bau tersebut.
9. Untuk menghilangkan rasa panas dibagian tangan akibat terkena cabe atau sambel , lakukanlah mencuci tangan 2 atau 3 kali, lap bersih kemudian masukkan tangan kedalam beras, remas-remas sebentar maka rasa panas akan hilang.
10. Agar mata tidak terasa pedih saat mengupas bawang, cukup letakkan wadah yang berisi garam disamping talenan bawang. berguna menghindari mata agar tidak pedih.
11. Agar beras tidak mudah berkutu, cukup letakkan sebungkus plastik yang berisi sesendok kopi bubuk, lalu beri lubang sedikit diplastiknya, karena kutu beras tidak suka aroma kopi.
12. Jika dalam peralatan masak kusam akibat noda pada saat memasak atau panci yang digunakan untuk merebus air menjadi kekuningan, caranya cukup mengambil baking soda lalu beri air dan gosok-gosoklah ke peralatan yang bernoda sebentar lalu bilas bersih, jika masih ada, cukup ulangi saja.
13. Sebagian orang suka sayuran yang pahit-pahit, namun ada juga yang tidak terlalu suka tetapi ingin memasak sayuran tersebut, seperti kembang kates, daun kates atau pepaya, dan pare, jika ingin sayuran tersebut tidak terlalu pahit, cukup rebus sebentar didalam air rebusan daun jambu biji, caranya cukup rebus air hingga mendidih lalu masukkan daun jambu biji tunggu dalam 5 menit setelah itu bisa masukkan sayuran yang pahit tersebut kedalamnnya diamkan saja sebentar lalu tiriskan. dan setelah itu bisa dimasak sesuai selera.
14. Agar tempe tidak mudah busuk, hindari simpan di deket garam.
15. Jika ingin menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk berulang kali sebab bisa mudah menimbulkan bakteri berkembangbiak, jadi cukup potong-potong saja terlebih dahulu dagingnya dan simpan dalam beberapa plastik terpisah atau tempat tertutup dari bagian daging jadi cukup mengambil seperlunya saja.
Itulah tips hebat buat ibu-ibu didapur semoga bermanfaat dan bisa diterapkan didapur (millaniesatriawan)

«
Next
Newer Post
»
Prev
Older Post
Komentar (0)
Komentar

No comments:

Don't Miss

Jangan Lewatkan