sebarinfokita@blogspot.com - Sunday, August 9, 2015

Salah satu alasan seseorang memakai obat kumur yaitu untuk mencegah atau menghilangkan bau mulut serta juga dapat memberikan rasa segar di mulut dan penggunaannya pun dijadikan sesuatu yang rutin dilakukan setelah menyikat gigi.

Tentunya hal tersebut jika tidak mengetahui cara yang tepat memakai obat umur akan menimbulkan efek samping apalagi jika penggunaannya terlalu sering malah bisa memicu efek samping yang serius di mulut. Berikut penjelasannya : 

obat kumur (c) kesehatan-gigidanmulut.blogspot.com

Menurut drg. Nurfaisah, S.Kg yang bekerja di Puskesmas Bontobangun, Sulawesi Selatan, memakai obat kumur terlalu sering sebenarnya tidak baik sebab kandungan antiseptik yang terkandung didalam obat kumur malah bisa mematikan bakteri dalam mulut termasuk bakteri baik yang mempunyai fungsi mematikan bakteri jahat yang bisa menyebabkan mulut mudah ditumbuhi jamur tentunya kita harus lebih mengetahui obat kumur yang terbaik untuk digunakan terlebih dahulu seperti dengan beberapa syarat berikut :
1. Lebih memperhatikan kandungan bahan aktif didalam obat kumur yang sesuai dengan kebutuhan kita.
2. Hindari memakai obat kumur yang terlau sering, cukup pada keadaan tertentu saja seperti terdapat infeksi gigi atau nafas tidak segar, selain itu juga obat kumur dapat memicu pewarnaan pada gigi.
3. Tidak memakai hanya dalam satu merek itu saja sebab hal tersebut bisa menyebabkan resistensi atau kuman menjadi tidak mempan lagi terhadap kandungan pada obat kumur yang justru malah memicu munculnya infeksi.
4. Hindari pemakaian obat kumur yang mengandung alkohol karena alkohol bukan digunakan untuk membunuh kuman tetapi malah sebagai bahan pembawa zat aktif, kandungan alkohol juga bisa memicu mulut dan tenggorokan menjadi kering, perih yang bisa memicu iritasi atau menyebabkan sariawan.

Obat kumur yang beredar dipasaran bahkan dengan merek terkenal ada yang mengandung kadar alkohol hingga 26 % dan perlu diingat jika kandungan alkohol diatas 20 % saja bisa memicu resiko kanker mulut, peradangan pada gusi serta munculnya bercak kemerahan dan pelepasan sel di dinding mulut.

Perlunya kecermatan konsumen terhadap obat kumur yang digunakan apalagi jika tidak ada anjuran dari dokter, untuk itu lebih baik tidak memakai obat kumur jika tidak mengalami masalah yang cukup serius di mulut dan tidak ada salahnya juga menggunakan obat kumur yang alami seperi air daun sirih atau air garam atau cara yang efektif untuk membersihkan mulut yaitu cukup menyikat gigi 2 kali sehari seusai sarapan dan seusai makan malam. Semoga bermanfaat.

«
Next
Newer Post
»
Prev
Older Post
Komentar (0)
Komentar

No comments:

Don't Miss

Jangan Lewatkan